Sumber: hutja/DKISP-Paser

Tana Paser - Meski baru menginjak tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Paser telah mempersiapkan rencana pembangunan tahun 2020. Setiap program  Organisasi Perangkat Daerah telah dihimpun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), terutama program-program prioritas di setiap desa di Kecamatan, untuk kemudian disinkronkan dengan program OPD masing-masing.

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2020, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser menggelar kegiatan pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Pendopo Kabupaten pada Kamis (24/1). Kegiatan ini di hadiri kepala Bappeda Kabupaten Paser Mukhsin dan seluruh perangkat desa dan kecamatan.

Kepala Bappeda Paser, di Tanah Grogot, Jumat (25/1) mengatakan pra Musrenbang ini dilakukan untuk membahas usulan program di setiap desa dan kecamatan.

“Pra Musrenbang ini membahas usulan rencana kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas di setiap desa dan kecamatan, dengan harapan mengefektifkan musrenbang mendatang,” kata Mukhsin. 

Pra Musrenbang ini menurut Mukhsin sebagai pedoman bagi perangakat desa  dan kecamatan dalam  penyusunan kegiatan yang akan diusulkan pada musrenbang kecamatan. 

Pada kegiatan ini juga lanjut Mukhsin para kepala desa tidak lagi mengusulkan program  yang tidak prioritas pada saat  musrenbang kecamatan.

“Sehingga ada sinkoronisasi program  yang telah diusulkan desa dan kecamatan dengan pemerintah kabupaten,” kata Mukhsin.

Mukhsin mengatakan Pemkab Paser pada tahun 2020 memfokuskan penyusunan RPKD pada beberapa sektor pembangunan di bidang perekonomian dan sumber daya alam seperti perikanan  perekebunan, perternakan. Peningkatan SDM bagi aparatur pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan kearsipan juga menjadi fokus rencana pembangunan. 

Sementara pada bidang infrastruktur  dan kewilayahan, pemenuhan  kebutuhan jalan desa dan kecamatan dan sarana air bersih juga masuk dalam fokus pembangunan.

“Kami berharap musrenbang kecamatan  lebih efektif dan terarah  sehinga  tidak lagi  hanya menjadi rutinitas saja, karna itu kita lakukan perbaikan perbaikan melalui pra musrenbang ini,” kata Mukhsin. (hutja/DKISP-Paser)

Tinggalkan Komentar