Sumber: Hutja/Dkisp-Paser

Tana Paser - Dalam penerimaan anggota Polri tahun ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser turut membina bakal calon anggota Polri.  
Sebanyak 72 pelajar maupun yang telah lulus sekolah mengikuti pembinaan dalam rangka persiapan penerimaan calon anggota polri tahun 2019 di Mapolres Paser, Minggu (13/1). 
 
Sebelum pembinaan mereka yang mendapat arahan dari Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro SDM Polda Kaltim AKBP Anggie Yulianto Putra, Kabag Sumda Polres Paser Kompol Salmansyah dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Paser Yusuf Sumako. 
 
“Berdasarkan kebijakan Kapolri dalam rangka mempersiapkan pemuda untuk menjadi anggota Polri melaksanakan pembinaan dan latihan. Karena kegiatan ini untuk membina generasi muda yang berasal dari Paser yang berniat menjadi anggota Polri,” kata Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro SDM Polda Kaltim AKBP Anggie Yulianto Putra.
 
Pembinaan ini menurut Anggie ntuk mempermudah bakal calon anggota Polri di Paser mengingat selama ini proses seleksi cukup ketat.
 
“Yang dulunya mendaftar tidak tahun menahu apa saja pelaksanaan teknis, melalui pembinaan ini jadi mendapat gambaran, sehingga lebih siap. Diharapkan saat memasuki Pendidikan, menjadi anggota polri yang unggul,” kata Anggie.
 
Kabag Sumda Polres Paser Kompol Salmansyah mengatakan sebelum mengikuti seleski anggota Polri yang baru akan dibuka pertengahan Maret 2019 mendatang, puluhan bakal calon anggota polri ini mengikuti serangkaian pembinaan berupa psikotes, pembinaan kesehatan, dan pembinaan tes fisik, yang kesemua itu bagian dari materi tes seleski nanti. 
 
“Diharapkan dengan pembinaan ini, bakal calon anggota polri di Kabupaten Paser ini secara mental dan fisik serta pengetahuan, dapat lebih siap dan berpengalaman sehingga pada saat tes penerimaan dapat lulus dan bersaing dengan peserta lainnya di Kalimantan Timur,” katanya.
 
Salman mengatakan, pembinaan sesungguhnya diikuti peserta lebih banyak dari saat ini. Namun mengingat keterbatasan waktu dan jarak yang cukup jauh,  alhasil pembinaan ini hanya diikuti 72 peserta saja.
 
Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Paser Yusuf Sumako mengatakan kerja sama yang sudah terjalin ini akan dilanjutkan di tahun berikutnya. 
 
“Kita kedepan sosialisasikan lagi pembinaan ini dan kerjasama yang baik dengan Polres akan dilanjutkan. Karena sejauh ini, peminat dari kecamatan terjauh seperti Tanjung Harapan perlu diinformasikakan sehingga peserta bisa bertambah,” tutur Sumako.(Hutja/Dkisp-Paser)
 
 

Tinggalkan Komentar