Sumber: MCKabPaser

TANA PASER, MCKabPaser – Pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (D2KBP3A) Kabupaten Paser menargetkan 1.168 akseptor atau masyarakat yang mengikuti program KB.

“Untuk Kabupaten Paser ada target yang sudah ditentukan dari BKKBN Provinsi Kaltim sebanyak 1168 akseptor,” kata Kepala D2KBP3A Paser Hadijah saat peninjauan pelayanan KB, Senin (29/06/2020).

Sesuai laporan puskesmas yang ada di kabupaten Paser kata Hadijah target ini bisa terlampaui.

“Semuanya akan dilayani,” ucap Hadijah.

Ia mengatakan dalam memperingati Hagarnas ke-27 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tahun 2020, BKKBN Pusat menginstruksikan pelyanan KB gratis.

Dalam melaksanakan program itu D2KBP3A Paser melibatkan mitra kerja diantaranya Ikatan Bidan Indonesia Paser, Pusban, Rumah Sakit dan Kodim 0904 Tanah Grogot.

Hadijah mengatakan untuk memastikan program tersebut berjalan, pihajnya telah meninjau pelayanan KB di beberapa fasilitas kesehatan yaitu Puskesmas Senaken Tanah Grogot, Puskesmas Kuaro, Puskesmas Long Ikis dan Puskesmas Long Kali.

Program kegiatan yang diadakan tanggal 29 Juni 2020 serentak secara nasional di seluruh Indonesia dengan tujuan Pemecahan Rekor Muri dalam Satu Hari Pelayanan KB Gratis (Sejuta Akseptor).

“Beberapa pelayanan seperti IUD, Implant, Pill, Kondom dan Suntik KB diberikan secara gratis untuk peserta,” ujar Hadijah.

Hadijah menambahkan, Harganas tahun 2020 Kabupaten Paser mendapatkan penghargaan yaitu berupa praktek Bidan Mandiri Juara 1 Se-Kaltim An. Nur Jannah, Kemudian KB Lestari Juara 2, Pusat Informasi Konseling Remaja Juara 3 dan Bina Keluarga Remaja.

Tinggalkan Komentar