Sumber: MCKabPaser

TANA PASER, MCKabPaser – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser menggelar upacara Hari Amal Bhakti ke-76 sebagai peringatan berdirinya Kementerian Agama, di halaman kantor Kemenag Paser, Senin (03/01/2022). Pada peringatan Hari Amal Bakti tahun 2022 ini, Kemenag mengambil tema “Tranformasi Layanan Umat”.

Upacara tersebut dipimpin Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, dihadiri Kepala Kantor Kemenag Paser Maslekhan, perwakilan Forkopimda, dan beberapa kepala perangkat daerah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Paser Masitah Assegaf mengatakan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946, Kemenag tumbuh dan berkembang menjadi instansi pemerintah yang memiliki peran penting dan strategis.

“Kemenag berperan dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama dan menerapkan agama yang toleran,” kata Manteri Agama Yaqut.

Yaqut mengatakan bahwa Kemenag berperan sebagai payung teduh bagi semua unsur beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan, menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI.

“Dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat beragama dari 67,46 di tahun 2020 jadi 72,39 di tahun 2021. Untuk indeks kepuasan pelayanan KUA juga meningkatkan dari 77,28 di tahun 2019 menjadi 78,90 di tahun 2021,” jelas Menteri Agama yang juga Ketum GP Anshor itu.

Sementara itu, Wabup Paser Masitah mengapresiasi kinerja Kantor Kemenag Paser yang selama ini telah menjalin komunikasi yang baik dengan organisasi keagamaan. “Kantor Kemenag Paser selama ini telah menjalin hubungan baik dengan organisasi dan lembaga keagamaan. Hal itu diwujudkan dengan pertemuan ditingkat nasional, daerah, pendampingan, kordinasi, konsultasi dan fasilitas,” kata Masitah usai upacara.

Di usia ke-76 ini, Masitah mendorong Kemenag untuk terus berbenah dan melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Pemkab Paser, lanjut Masitah mengatakan berkomitmen menjalin sinergitas dengan Kemenag. Hal itu dibuktikan dengan dihibahkannya tanah kepada Kemenag untuk kepentingan pelayanan kegiatan keagamaan di kantor tersebut.

“Pemkab Paser hibahkan lahan dan kendaraan kepada Kemenag agar pelayanan kedepannya lebih baik,” ucap Masitah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Paser, Maslekhan mengatakan pelaksanaan Hari Amal Bhakti ke-76 ini merupakan kebahagiaan bagi Kemenag karena 2 tahun sudah tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

“Kemenag Paser akan terus melakukan inovasi dan melayani semua agama di Kabupaten Paser,” ujar Maslekhan.

Upaya memelihara keberagaman beragama telah dilakukan Kemenag, dibuktikan dengan keaktifan kemenag dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).Di forum bentukan Pemerintah Daerah itu terlibat pengurus dari berbagai macam pemeluk agama di Kabupaten Paser.

“Saat ini sudah ada organisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Forum kerukunan umat beragama.Semua unsur agama ada, kecuali Konghucu karena belum terdaftar,” kata Maslekhan.

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

 Sumber : https://mediacenter.paserkab.go.id

Tinggalkan Komentar