Sumber: humas

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten Paser meraih penghargaan sebagai daerah terbaik pertama se-Kalimantan Timur dalam kinerja penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2018, yang diserahkan langsung gubernur kaltim Isran Noor. Selain itu Kabupaten Paser juga menerima alokasi bagi hasil pajak dan bantuan keuangan tahun anggaran 2019 sebesar Rp 559. 127.142,28 Milyar.

Penghargaan yang diserahkan Gubernur Kaltim kepada Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi berlangsung pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa TA 2019 Serta penandatanganan berita acara serah terima pernonalia sarana prasarana dan dokumentasi (P3D), Selasa (18/12) di Gedung Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim

Bupati Yusriansyah Syarkawi menjelaskan penghargaan ini merupakan kado untuk semua stakeholder yang telah bersama-sama berkontribusi dan bekerja keras, hingga Paser mampu memperoleh penghargaan tersebut.

"Jadikan ini sebagai penyemangat kita, agar di tahun berikutnya bisa menjadi yang terbaik pertama, selain itu ini menjadi kado spesial bagi kabupaten paser di Hut Kabupaten ke 59 tahun," tegas Yusriansyah.

Dalam kesempatan itu Gubernur Kaltim menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) APBN 2019 kepada 438 satuan kerja senilai Rp 8,28 triliun. Alokasi dana tersebut terdiri dari belanja pegawai Rp 2,68 triliun, belanja barang Rp 3,23 triliun, belanja modal Rp 2,35 triliun dan bantuan sosial Rp 13,77 milyar.

Sementara itu alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun 2019 untuk seluruh pemerintah daerah di wilayah kaltim di tetapkan sebesar Rp. 23,7 triliun. Angka tersebut naik sebesar Rp 3.98 triliun atau 20,18 persen. Lebih besar jika dibandingkan alokasi tahun 2018 yang ditetapkan sebesar Rp.19,72 triliun.

Maka dengan demikian total alokasi belanja satuan kerja K/L dan alokasi dana transfer ke daerah dan desa tahun 2019 yang disalurkan di wilayah kaltim sebesar Rp.31,98 triliun. Dipa tersebut merupakan bagian dari APBD 2019 yang berjumlah Rp 2.461,1 triliun.

Isran Noor menyampaikan apresiasi kepada kementerian keuangan yang telah konsisten menjadi mitra kerja yang konstruktif dalam pengelolaan anggaran, baik APBD maupun APBN.

“Setiap Satker harus betul-betul memanfaatkan alokasi dana yang telah diberikan dalam rangka percepatan, pertumbuhan,  dan pemerataan pembangunan di Kaltim,” Jelas Isran Noor.

Turut hadir dalam acara penyerahan DIPA tersebut, Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Kejaksaan Negeri Paser, kepala Bagian Pemerintahan, dan DPPKAD Paser.(man)

Tinggalkan Komentar