Sumber: Riski-Hutja/DKISP-Paser

 
Tana Paser - Kabupaten Paser terus berupaya meningkatkan kapabilitas auditor pada Kantor Inspektorat guna mewujudkan birokrasi yang bersih dan independen di lingkup Pemerintah Daerah setempat.
 
Inspektur Kabupaten Paser Faulina Widryani mengatakan, wujud peningkatan kapabilitas yakni pada peningkatan level Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang saat ini berada pada level 3, atau status auditor yang sebelumnya sebagai pemeriksa kini meningkat statusnya menjadi pembina.
 
“Jika kemarin inspektorat berfungsi sebagai pemeriksa namun Inspektorat  Kabupaten Paser kini lebih kepada pembinan,” kata Faulina di sela kegiatan Gathering pegawai Inspektorat,  Sabtu (26/1).
 
Faulina menilai peningkatan status itu membuat aparat Inspektorat saat ini lebih fokus pada pembinaan kepada Organisasi Perangkat Daerah, ketimbang mencari kesalahan di setiap OPD.
 
“Sehingga itulah yang menjadi penilaian.  Inspektorat tidak lagi mencari-cari kesalahan OPD,” tutur Faulina.
 
Alhasil lanjut Faulina, auditor Inspektorat Paser pada level 3 ini lebih mengedepankan out put atau hasil kinerja pada setiap OPD.
 
“Inspektorat nantinya lebih kepada mengaudit kinerja, perencanaan dan output yang telah ada pada OPD,” kata Faulina.
 
“Capaian ini adalah hasil dari kerja keras staf sekretariat dan auditor. Harapannya kedepan level APIP bisa naik ke level 4,” imbuhnya.(Riski-Hutja/DKISP-Paser)
 
 

Tinggalkan Komentar