Sumber: (Hutja/DKISP-Paser)

Tana Paser - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya melepas 10 Da’i pembangunan Tahun 2019 usai menggelar pertemuan di ruang Sekda Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Rabu (16/1). Acara ini dihadiri Pelaksana Tugas Asisten Kesra Sisman, dan Pelaksana Harian Kepala Kementerian Agama Kabupaten Paser Nasrudin.

 

Kesepuluh Da’i pembangunan ini ditempatkan di beberapa desa dari 7 kecamatan. Yaitu Desa Long Gelang dan Desa Belimbing Kecamatan Long Ikis, Desa Suweto Kecamatan Muara Samu, Desa Muara Payang Kecamatan Muara Komam, Desa Kerang Dayo tepatnya di dusun Pasero Kecamatan Batu Engau, Desa Bente Tualan, Desa Munggu Dusun Sekulit, Desa Pinang Jatus Dusun Liombe di Kecamatan Long Kali, dan Desa Sandeley kecamatan Kuaro serta Desa Sunge Batu di Kecamatan Paser Belengkong.

 

Pelaksana Tugas Asisten Kesra Sisman menerangkan Da’I pembangunan ini diterjunkan ke desa-desa yang dinilai pengetahuan masyarakatnya terhadap agama masih rendah. 

 

“Selain itu mereka juga untuk kebutuhan khatib, pembinaan agama, hingga kegiatan fardu kifayah mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, menyolatkan, sampai dengan memakamkan. Mereka akan bertugas selama tahun 2019 ini,” kata Sisman.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, dalam sambutan bupati menerangkan, Da’i pembangunan hendaknya selain dapat menyiarkan ajaran islam, juga mampu memawas diri dan mengajak masyarakat ke arah perubahan yang lebih baik.

 

“Apalagi di jaman modern saat jarak dan wilayah yang jauh sekalipun tidak menjadi penghalang laju informasi dan komunikasi. Ini menjadi tantangan dan ujian berat sebagai umat islam dalam upaya menangkal pengaruh yang kurang baik dari perubahan tersebut,” kata Katsul.

 

Karenanya kata Katsul program ini patut diapresiasi dan sudah tentu akan menjadi sarana membangkitkan syiar islam. 

 

“Walaupun hanya 10 orang di tahun ini, saya yakin selain dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam beribadah, juga akan mencetak generasi penerus yang islami dan cinta terhadap Al-Qur’an,” ujar Katsul. (Hutja/DKISP-Paser)

Tinggalkan Komentar