Sumber: MCKabPaser

TANA PASER, MCKabPaser – Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) melalui Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin, bakal menggelar pelatihan bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Paser pada 14 – 18 Juni 2021 mendatang.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknolog Informasi Komunikasi (LSP-TIK) Surabaya, untuk 40 orang masing-masing 20 untuk kelas Junior Network Administration/administrasi jaringan dan Junior Graphic Designer/desain grafis (level 5).

“Pendaftar diprioritaskan lulusan SMK, D3, dan D4, maksimal usia 29 tahun. Untuk pendaftar lulusan SMA bisa menyertakan portofolian hasil desain-nya,” kata salah satu panitia pelatihan dari BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Rachma Ainun, saat mengunjungi Kominfo Paser, Kamis (03/06/2021).

Rachma mengemukakan, standar pelatihan yang digelar ini secara nasional sudah diakui, dan melebihi standar pelatihan yang diterima saat di sekolah kejuruan.

Peserta kelas desain grafis pada pelatihan ini, nantinya akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana membranding/ mengemas sebuah desain yang bisa menarik konsumen yang menjadi sasarannya.

“Desain grafis bisa digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan branding, produk UMKM. Yang dilatih, bukan hanya kemampuan teknis, tapi pengetahuan estetika (keindahan),” tutur Rachma.

Sementara untuk kelas administrasi jaringan, kemampuannya nanti bisa digunakan pelaku usaha/perusahaan maupun lembaga pemerintah.

“Dua kejuruan ini umum digunakan di perusahaan maupun perkantoran. Tiap kantor pasti butuh orang networking, begitu juga dengan orang desain grafis,” ucap Rachma.

Pelatihan ini terbuka secara umum bagi masyarakat Paser maupun masyarakat Kalimantan Timur. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring melalui link komin.fo/vsgakaltim.

“Harapan kami pemuda-pemudi di Paser bisa ikut daftar pelatihan ini. Karena sertifikat yang dikeluarkan nanti sudah berstandar nasional yang bisa digunakan untuk bersaing di dunia kerja,” tutup Rachma. Foto: Riski

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Sumber : https://mediacenter.paserkab.go.id/berita/pemerintahan/yuk-daftar-kominfo-gelar-pelatihan-bagi-angkatan-kerja-muda/

Tinggalkan Komentar