Sumber: Mr-AI

Tana Paser – Jum’at (11/11/2022) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser mengadakan pelatihan penggunaan layanan Call Center 112 bertempat di ruang rapat Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser yang melibatkan beberapa Perangkat Daerah seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Perhubungan, RSUD Panglima Sebaya dan Kecamatan se-Kabupaten Paser.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Hj. Ina Rosana, S.Pi, MM dalam sambutannya menyatakan bahwa Program layanan NTPD 112 Kabupaten Paser ini merupakan program Pemeritah Kabupaten Paser bukan Program Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser sehingga diharapkan  Perangkat Daerah yang terkait dapat berperan aktif dalam layanan 112 ini. Beliau menambahkan bahwa Call Center 112 merupakan sarana komunikasi darurat yang membutuhkan Kerjasama serta kolaborasi antar perangkat daerah dan stakeholder terkait.

Pelatihan bagi Call Taker 112 ini diberikan langsung oleh PT. Jasnita Telekomindo tbk. Dengan materi tentang tugas dan tanggung jawab operator, Dispatcher dan petugas lapangan layanan 112. Selanjutnya pada sesi kedua dilakukan juga simulasi penggunaan aplikasi layanan Call Center 112 terkait sebagai responder hingga pelaporan situasi pasca tindakan.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Mulyadi Rahman menyampaikan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk pengenalan aplikasi Call Center 112 kepada calon Operator, Dispatcher dan Petugas lapangan dalam penggunaan layanan penerimaan panggilan darurat 112. Pada sesi pelatihan dan praktek ini para peserta dijelaskan tentang cara mengambil panggilan darurat yang masuk ke aplikasi agen yang terinstal di komputer call center dan kemudian call taker akan melayani masyarakat yang membutuhkan layanan kegawatdaruratan dengan cara melakukan rekap informasi yang diberikan, kemudian call taker akan meneruskan informasi kepada dispatcher yang ada di Perangkat Daerah kemudian dispatcher meneruskan ke petugas lapangan untuk diambil tindakan sesuai dengan layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan pelatihan ini diharapkan Operator, Dispatcher dan Petugas lapangan 112 dapat memiliki tanggung jawab penuh dalam menjalankan program layanan NTPD 112 ini dan mahir dalam menggunakan aplikasi layanan 112. (MR-AI)

Tinggalkan Komentar