Sumber: Bidang Aptika

Video Conference dalam Rangka Pelaksanaan Pilkades Serentak 72 Desa di Kabupaten Paser Tahun 2022

PASER BELENGKONG - Bidang Aplikasi Informatika bersama Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika memfasilitasi kegiatan Video Conference (Vidcon) Sekda Paser Katsul Wijaya beserta unsur Forkopimda Kabupaten Paser dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) Rabu (30/11) di Aula Kantor Desa Paser Belengkong, Kecamatan Paser Belengkong.

Vidcon ini digelar dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 72 Desa dari 139 Desa di Kabupaten Paser yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2022. Sebelum mengikuti jalannya Vidcon Sekda Katsul Wijaya bersama Forkopimda Kabupaten Paser yaitu Dandim 0904/Paser Letkol Inf Ary Susetyo, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Ketua DPRD Hendra Wahyudi meninjau 3 (tiga) Tepat Pemungutan Suara (TPS) yaitu TPS 1 Desa Senaken (di Terminal Kota), TPS 2 Desa Tanah Periuk (di Balai Desa Tanah Periuk) dan TPS 04 (Halaman Kantor Desa, Desa Paser Belengkong).

Turut mendampingi pimpinan OPD terkait seperti Kepala Dinas PMD Candra Irwanadhi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Nonding, Inspektur Inspektorat Darni, Kepala Pelaksana BPBD Ruslan yang juga Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Paser.

Anggota Panitia Pilkades Kabupaten yang juga Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Paser Finandar Astaman mengatakan, pelaksanaan pilkades sampai saat ini berjalan lancar dan aman. Hal ini menurutnya juga sesuai dengan arahan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli terutama dalam hal penerapan protokol Covid-19 di area TPS.

Saat mengikuti Vidcon dengan Pejabat Fungsional Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Sekda Katsul yang juga didampingi unsur Forkopimda menyampaikan bahwa kegiatan pelaksanaan pilkades berjalan dengan aman dan lancar. Hal-hal yang disampaikan juga terkait informasi pelaksanaan pilkades di 72 desa ini terdapat 228 calon kepala desa, dengan 46 Incumbent. Terdiri 214 laki-laki dan 14 perempuan. Tersebar 232 TPS dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 7830 orang.

Selain itu, hal yang disampaikan ke Kemendagri, salah satunya perihal desa-desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang. Ada 6 desa dengan total 42 bakal calon yang lebih dari lima, dimana proses seleksinya sudah disampaikan dan berjalan dengan baik meski sempat ada satu bakal calon yang keberatan, namun sudah diselesaikan dan dijawab secara tertulis oleh Ketua Panitia Pilkades, dalam hal ini Pak Sekda.

Selain melaporkan penyelenggaraan Pilkades secara teknis, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta juga menyampaikan ke Kemendagri perihal mekanisme pengamanan.

Tinggalkan Komentar