Sumber: mr. ATW

Samarinda - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser melaui bidang aplikasi informatika melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Samarinda pada hari kamis (10/11/2022). Rapat Koordinasi dan Pendampingan (Piloting) SPBE pada Pemerintah Daerah Lingkup Prov Kalimantan Timur Tahun 2022 ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil kegiatan Rakor SPBE melalui virtual meeting (zoom) pada 26 Oktober 2022 oleh Dinas Kominfo Kaltim bersama Tim Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sebagai tindak lanjut atas hasil evaluasi SPBE tahun 2021, pendampingan penyusunan Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE ini dilaksanakan guna percepatan pembangunan berbasis digital di daerah Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Paser. Dan juga sebagi bentuk pembinaan, pengawasan dan pengendalian sistem informasi, yang merupakan salah satu tugas pokok Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim.

Kondisi eksisting penerapan SPBE di Provinsi Kaltim, diantaranya yaitu infrastruktur TIK dasar seperti akses komunikasi jaringan yang masih rendah. Untuk itu perlunya peningkatan kapabilitas pengelola SPBE serta dukungan dari pimpinan daerah berupa kesadaran terhadap pembangunan SPBE.

Selain itu, pemerintah daerah perlu membangun SPBE secara terstruktur melalui Arsitektur SPBE. Arsitektur SPBE nasional dapat menjadi enabler dalam menyinergikan berbagai macam aspek dalam ekosistem digital nasional melalui kerangka dasar yang mendiskresikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, aplikasi infrastruktur, serta keamanan untuk menghasilkan layanan yang terintegrasi secara nasional.

Untuk itu diharapkan dengan pemanfaatan arsitektur SPBE nasional penerapan transformasi digital akan terpadu secara nasional kemudian menjadi lebih terarah membentuk integrated government dan integrated public services.

Dalam rangka memastikan pelaksanaan reformasi birokrasi, melalui penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan berbasis elektronik, sesuai amanat Prepres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menyeluruh, terpadu, dan terintegrasi, Dinas Kominfo Kaltim pun akan melaksanakan sosialisasi dan pendampingan teknis penyusunan Arsitektur SPBE menggunakan Aplikasi Abacus. Kegiatan ini dijadwalkan Senin 28 November 2022 mendatang dan dilaksanakan di Hotel Yuan Garden Jakarta. (Mr. ATW)

 

Tinggalkan Komentar