Sumber: Bidang Aplikasi

Yogyakarta - Diskominfostaper Kabupaten Paser selaku pelaksana kegiatan pengadaan aplikasi e-Presensi pada tahun 2020 mendampingi pihak BKPSDM Kabupaten Paser selaku end User dan pihak yang mengelola aplikasi tersebut melakukan kunjungan kerja ke kantor CV. Diginet Media di Yogyakarta selaku pihak yang membangun dan mengembangkan aplikasi e-Presensi (25/11/2022).

Dari pihak BKPSDM Kabupaten Paser hadir Ibu Indah Setyo Rini dan Bapak Abdul Malik masing-masing selaku Analis SDM Aparatur Ahli Muda serta Bapak Sarman selaku Analis Pelanggaran Disiplin.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bapak Santoso selaku manager marketing dari CV. Diginet Media, Bapak Aceng dan Bapak Oki selaku Tenaga Ahli Programmer. Dalam pertemuan tersebut dilakukan diskusi terkait rencana pengembangan aplikasi e-Presensi untuk tahun 2023 dimana sebelumnya aplikasi tersebut dibangun pada tahun 2020.

Dari pihak BKPSDM Kabupaten Paser memaparkan 8 (delapan) point terkait rencana pengembangan aplikasi e-Presensi, termasuk didalamnya terdapat point terkait permasalahan yang masih ada pada aplikasi yaitu lambannya proses presensi secara online, tingkat presisi titik lokasi yang lemah saat melakukan presensi, masih dapat dilakukaannya manipulasi waktu kehadiran dan adanya bug/error pada aplikasi yang menyebabkan beberapa perangkat smartphone dengan merk dan versi Operation System (OS) tertentu tidak dapat melakukan presensi.

Dari pihak CV. Diginet Media dalam tanggapannya juga mengakui masih ada beberapa kekurangan dari aplikasi e-Presensi yang telah mereka bangun. Mengingat setiap tahun selalu ada pembaharuan dari Operation System khususnya pada smartphone Android sehingga plugin yang ada pada aplikasi e-Presensi sejatinya juga perlu dilakukan pembaharuan atau update. Namun dari pihak CV. Diginet Media untuk tahun 2023 secara garis besar siap melakukan beberapa perbaikan baik dari sisi teknis maupun non-teknis serta bersedia melakukan penambahan beberapa fitur khususnya dibagian pelaporan. 

Tinggalkan Komentar