Sumber: Mr-AI

Samarinda – Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi teknis operasional layanan 112 di Kabupaten Paser, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda pada hari senin (14/11/2022). Dalam kunjungan kali ini, rombongan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfostaper Kabupaten Paser ini bertujuan untuk mengorek lebih detail keberhasilan Diskominfo Samarinda dalam melaksanakan layanan Call Center 112.

Rombongan dari Diskominfostaper Kabupaten Paser ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Aplikasi dan layanan e-Government Diskominfo Kota Samarinda, Suparmin, SE, M.Eng. Dalam penjelasannya, Suparmin menjelaskan bahwa sejak layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat Samarinda 112 ini diluncurkan Tahun 2019 kemarin, telah banyak warga kota samarinda yang melaporkan kondisi layanan darurat selama 24 Jam. “Setiap harinya layanan 112 Kota Samarinda menerima lebih 20 panggilan, bahkan saat Pandemi Covid-19 kemarin total panggilan yang masuk ke layanan 112 kota samarinda lebih dari 500 panggilan setiap harinya” ungkap Parmin.

Petugas layanan yang disiapkan oleh Diskominfo Samarinda terdiri dari 3 shift yang terdiri atas 3 Operator layanan dan 1 Supervisor yang bertugas sebagai coordinator lapangan yang menghubungkan kepada petugas lapangan. Keistimewaan dari Call Center 112 yang ada di Samarinda lanjut Parmin terdapat pada kekuatan dan Kerjasama para relawan yang sudah terbentuk di setiap kelurahan. Para relawan tersebut siap sedia membantu tiap ada panggilan darurat, jika Perangkat Daerah terkait belum sampai di lokasi kejadian.

          Usai mendengarkan penjelasan dari Suparmin, rombongan pun dibawa untuk meninjau kondisi ruang Command Center Kota Samarinda. Mulai dari melihat kinerja para petugas Operator hingga system penggunaan CCTV yang tersebar di 30 titik lokasi sudut jalan yang ada di Kota Samarinda.

Dari hasil kunjungan tersebut, Kabid Aplikasi Informatika Kabupaten Paser memberikan apresiasi terhadap program dan system yang sudah dijalankan oleh Diskominfo Kota Samarinda dan hasil dari kunjungan tersebut akan dijadikan starting point serta pembelajaran penting bagi Diskominfostaper Kabupaten Paser dalam menyusun tata kelola layanan Call Center 112 Kabupaten Paser. (MR-AI).

Tinggalkan Komentar