Sumber: Bidang Aptika

JAKARTA – Kepala Bidang Aplikasi Informatika Mulyadi Rahman dan Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfostaper Kabupaten Paser Arif Tri Wardoyo mengikuti kegiatan Sosialisasi Aplikasi Abacus dan Pendampingan Penyusunan Arsitektur SPBE yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Bersama Dinas Kominfo Kalimantan Timur mulai tanggal 28 sampai dengan 29 November 2022, yang digelar di Hotel Yuan Garden Jakarta.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memastikan pelaksanaan Reformasi Birokrasi melalui penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan berbasih elektronik, sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menyeluruh, terpadu dan terintegrasi. Dimana fokus kegiatan ini dalam rangka kegiatan penyusunan Arsitektur SPBE ditingkat Kota/Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang nantinya akan menjadi Arsitektur SPBE Provinsi Kalimantan Timur.

Aplikasi Abacus merupakan aplikasi dari Kementerian PANRB yang digunakan untuk melakukan penyusunan Arsitektur SPBE. Dimana didalam Arsitektur SPBE itu sendiri terdiri dari beberapa domain, yaitu domain layanan SPBE, domain proses bisnis, domain data dan informasi, domain aplikasi, domain infrastruktur SPBE dan domain Keamanan SPBE.

Pada kegiatan terserbut masing-masing perwakilan dari Kota/Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur juga langsung mempraktikan bagaimana penggunaan aplikasi Abacus hingga pengisian metadata untuk penyusunan Arsitektur SPBE.

Tinggalkan Komentar