Card Image
DKISP2024
14 May 2024 | Mulyadi Rahman | 101 kali | Bidang Aplikasi Informatika

Jakarta – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser menghadiri pelaksanaan kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 14 Mei 2024 (14/5) di Holding Room Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia ini bertujuan untuk peningkatan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kabupaten Paser.

Dalam sambutannya, Bupati Paser menyampaikan bahwa dalam mengimplementasikan SAKIP, Pemerintah Daerah perlu memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan masyarakat, mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran serta mencegah penyimpangan dan pemborosan anggaran. Implementasi SAKIP juga mendorong instansi pemerintah agar memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil.

“Untuk mewujudkan SAKIP yang berkualitas dan berdampak, dibutuhkan komitmen yang tinggi dan keras dimana setiap pegawai dituntut memiliki kapasitas dan komitmen serta kompetensi dalam memahami SAKIP baik dari aspek perencanaan, penganggaran, pelaporan serta monitoring dan evaluasi” ungkap Fahmi Fadli.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli juga menyampaikan bahwa pelaksanaan SAKIP merupakan salah satu fokus dari Pemerintah Kabupaten Paser dalam menjalankan visi Paser MAS, Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera yang dipertajam melalui misi kedua yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang professional, partisipatif dan transparan.

Selanjutnya Menteri PAN-RB yang diwakili oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Prof. DR. Erwan Agus Purwanto, M.Si menyampaikan bahwa implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ini bertujuan untuk membangun tata Kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan akuntabilitas menuju pemerintahan yang Good Governance.

“Dengan terjalinnya MoU ini, kami berharap pelaksanaan asistensi akan lebih intensif agar program SAKIP di Kabupaten Paser akan terlaksana dengan baik dan saya doakan nilai SAKIP Kabupaten Paser akan bisa naik menjadi A yang sebelumnya B” ungkap Erwin.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Drs Katsul Wijaya, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. Romif Erwinadi, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, S.Sos, M.Si, Asisten Administrasi Umum, Murhariyanto, S.Sos, Inspektur Kabupaten Paser, Kepala BKAD, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser yang diwakili oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Kepala Bagian Kerjasama, Kepala Bidang Organisasi, Kepala Bidang Umum dan Kepala Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Kabupaten Paser.

Foto by Asmaul Husna.



Berita Lainnya