Card Image
24 October 2023 | Staper DKISP | 30 kali | Bidang Statistik Persandian

TANA PASER, MCKabPaser – Di Era disrupsi digital ini atau kondisi terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental karena keberadaan berbagai teknologi digital.

Data merupakan hal penting. Bahkan kini data lebih berharga dari minyak yang ketika kehadirannya memberikan manfaat bagi banyak orang.

Data lebih berharga dari minyak karena dengan menguasai data, pengumpul data bisa melakukan apapun hingga mengendalikan pemilik data.

Atas dasar tersebut Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) melakukan pelatihan statistik desa, di Command Center DKISP Paser, Selasa (24/10/2023).

Kepala DKISP Paser Ina Rosana mengatakan alasanya kenapa harus dimulai dari desa, karena desa merupakan produsen data terdepan yang nanti akan mensupport data kecamatan  dan kemudian data kabupaten.

Sehingga apa yang menjadi cita-cita satu data Indonesia bisa terwujud. Ina melanjutkan, yang kedua dengan statistik desa yang valid,  akurat,  dapat menunjang kepala desa beserta perangkatnya dalam mengambil keputusan atau kebijakan yang benar-benar tepat sasaran sesuai dengan kondisi real di desanya.

Ina menyebutkan, pada tahap pertama sebagai percontohan pihaknya memilih 14 desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Paser.

“Pelatihan ini dilaksanakan satu hari kemudian nanti akan dilanjutkan untuk studi tiru ke salah satu desa di Provinsi Bali. Semoga di 2024 nanti diberi dukungan lagi melakukan pelatihan  untuk desa-desa lainnya,” kata Ina.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana berharap dengan adanya pelatihan ini lahir staf-staf desa yang handal,  yang bisa membantu kepala desa dalam membuat keputusan berdasarkan data-data yang akurat di pemerintahan desanya.

“Jadi nanti dengan adanya kader-kader desa yang mampu mengumpulkan data dan informasi,  sehingga kualitas keputusan kebijakan di pemerintahan desa juga akan lebih bagus,” ungkap Adi saat membuka pelatihan statistik desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Kabupaten Paser Bayu Agung Prasetyo selaku narasumber, Sekretaris DKISP Paser Bambang Abdul Kholik, para camat se Kabupaten Paser dan jajaran DKSIP Paser. MC.Kab.Paser/Asm



Berita Lainnya